Kamis, 06 September 2012

Hidup Sehat dan Cantik


CARA MEMUTIHKAN GIGI KUNING SECARA ALAMI

1. Konsumsi Buah, Sayuran Renyah, dan Strawberry
Mengkonsumsi buah dan sayuran renyah ternyata bisa membantu anda membersihkan gigi setelah anda makan. Saat memakan buah dan sayuran renyah, ternyata noda yang tertinggal di gigi dapat ikut terangkat. Selain vitamin yang terkandung di dalamnya, strawberry juga mempunyai kemampuan untuk membantu memutihkan gigi juga menghilangkan noda karat pada gigi. Anda dapat memakan buah strawberry seperti biasa, atau menghaluskannya dan kemudian di oleskan pada permukaan gigi sebanyak 3x seminggu. Setelah dilakukan, gosok gigi anda seperti biasa. Ini merupakan salah satu cara alami untuk memutihkan gigi anda.
2. Siwak
Ada 70 keunggulan Siwak atau Miswak yang telah dibuktikan secara ilmiah. Dan salah satu manfaatnya adalah bisa memutihkan gigi.
3. Menggunakan Pasta Lemon dan garam
Membuat pasta gigi alami yang terbuat dari bahan jus lemon yang ditambahkan sedikit garam dapur juga dipercaya dapat membantu memutihkan gigi anda. Pasta lemon ini dapat menghilangkan karat dan kotoran pada permukaan gigi. Lakukan secara kontinyu atau teratur untuk mendapatkan hasilnya.
4. Menggunakan Kulit Jeruk.
Dengan menggosokkan kulit jeruk ke bagian dalam gigi anda, layaknya seperti menyikat gigi biasanya dengan teratur, juga dapat membantu memutihkan gigi. Ternyata kulit jeruk punya unsur pemutih yang lembut, dan mampu menghilangkan kotoran atau plak di gigi tanpa membahayakan lapisan email pada gigi.
5. Memanfaatkan Biji Pinang
Bijih pinang juga diyakini bisa memutihkan gigi dengan cara membakar biji pinang tersebut hingga hangus dan seperti arang. Kemudian haluskan hingga lembut. Gosokkan hasil biji pinang yang telah dihaluskan tadi dengan menggunakan sabut pinang atau kain katun. Lakukan ini dalam frekuensi 2 minggu 1 kali. Cara ini pun dapat membantu anda menjaga gigi tetap bersih dan putih.
6. Memanfaatkan Daun Salam
Daun salam tak hanya digunakan untuk memasak. Memanfaatkan daun salam merupakan salah satu cara tradisional memutihkan gigi yang aman. Caranya cukup mudah, ambil beberapa lembar daun salam, jemur, dan setelah kering remas-remas hingga bubuk. Tambahkan kulit jeruk yang juga telah dihaluskan, atau sudah menjadi bubuk. Campurkan keduanya, kemudian gosokkan ke gigi anda. Lakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
7. Konsumsi Produk Susu
Keju atau jenis makanan lainnya yang mengandung susu seperti yoghurt baik dikonsumsi untuk memutihkan dan menguatkan gigi anda. Kandungan kalsium di dalamnya cukup kuat untuk memelihara kesehatan gigi anda.
8. Menggunakan Baking Soda
Baking soda merupakan bahan lainnya yang bisa digunakan untuk memutihkan dan membersihkan gigi. Namun karena karakternya yang kuat dan keras, maka penggunaannya tidak boleh terlalu sering, cukup 1 atau 2 kali dalam sebulan. Dengan mengoleskan baking soda di seluruh permukaan gigi, yang didiamkan 5- 10 menit saja, dapat membantu anda memutihkan gigi, apalagi untuk memutihkan gigi kuning. Setelah itu, lakukan sikat gigi seperti biasa dengan menggunakan pasta gigi.
9. Menggunakan Cuka Sari Apel
Cuka sari apel dapat digunakan sebagai pemutih gigi alami. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, anda dapat mencampurnya dengan sedikit saja baking soda dan sedikit garam untuk membuat pasta pemutih. Namun ingat penggunaan baking soda seperti yang telah dijelaskan di nomor 9 diatas.
10. Memanfaatkan Biji Asam
Memanfaatkan biji asam juga merupakan salah satu cara alami memutihkan gigi. Caranya cukup mudah :
  • Ambilah biji asam (klungsu) secukupnya dan cucilah sampai benar-benar bersih.
  • Goreng biji asam tersebut tampa minyak atau disangan (sangria).
  • Ketika sudah matang, tumbuklah biji asam tersebut sampai benar-benar halus.
  • Gosokan pada gigi anda yang kuning seperti halnya anda menggosok gigi dengan pasta gigi.
Sebenarnya masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mumutihkan gigi. Selain menggunakan beberapa cara alami memutihkan gigi, anda juga dapat menggunakan cara mumutihkan gigi lainnya dengan menghindari beberapa kebiasaan buruk dalam keseharian anda. Misalnya dengan menghindari kebiasaan merokok, tidak sikat gigi sehari dua kali, minum kopi yang berlebihan, red wine yang terlalu banyak dan kebiasaan-kebiasaan tidak baik lainnya.
Makan permen yang mengandung Xylitol juga bisa membantu memutihkan gigi. Dengan mengkonsumsi xylitol ternyata dapat mencegah timbulnya plak pada gigi yang di sebabkan oleh gula. Dan ternyata permen yang mengandung xylitol dapat menetralisir ph pada mulut dan dapat memperbanyak produksi air liur. Karena air liur merupakan membdrsih alami pada gigi, air liur dapat membawa retakan dan kotoran pada gigi yang ada dalam mulut.
Alternatif lain yang digunakan untuk memutihkan gigi dengan cepat ataupun lambat adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang bukan merupakan bahan tradisional. Tapi cara ini terhitung cukup mahal. Maka sesuaikan dengan budget anda. Klik tombol SPOILER berikut untuk melihat cara memutihkan gigi lainnya, yang dikutip dari Lawalangy.wordpress.com,
Membiasakan hidup bersih dengan menggosok gigi secara teratur setiap hari, atau bahkan jika perlu gunakan benang pembersih gigi, untuk lebih meyakinkan kebersihan gigi hingga ke sela-sela gigi adalah cara alami terbaik merawat gigi anda. Bersihkan gigi anda dari makanan tersisa di gigi setelah anda sarapan pagi, makan siang, makan malam, atau setelah makan dan minum apa saja. Kebiasaan ini pun niscaya akan membantu anda untuk menghindari masalah bau mulut dan masalah sakit gigi. Menggunakan pasta gigi yang mengandung formula pemutih gigi hydrogen peroksida, gliserin, carbopol atau sodium hidroksida juga baik dilakukan namun harus sesuai petunjuk dokter. Periksakan ke secara rutin kesehatan gigi anda ke dokter misalnya setiap 6 bulan sekali.
( Sumber: http://lawalangy.wordpress.com/2007/06/25/memutihkan-gigi-lakukan-saja-dirumah/ dan rangkuman dari berbagai sumber)


Sumber: http://infodari.com/10-tips-mudah-cara-memutihkan-gigi-secara-alami-di-rumah/#ixzz25k7KkQvg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar